JK250811

Minggu, 10 Agustus 2014

Jaga Mata Lama Tua





Jaga Mata Lama Tua

Oleh : Johanes Krisnomo

Mata menangkap sigap ketika ada sesuatu yang harus direkam kamera. Siang itu, segera kusiapkan kamera begitu ada empat orang sedang berkegiatan membaca di sebuah halte angkutan umum di Jalan Pajajaran, Bandung, Sabtu (5/7/14). Klik, jadilah sebuah rekaman peristiwa penuh makna bercerita.

Tiga anak muda membaca sesuatu dari Telepon Genggam – HP, sedangkan Sang Kakek Renta membaca melalui media koran. Jauh teknologi sebanding dengan perbedaan umur diantara mereka, terpaut lebih dari 50 tahun. Sang Kakek, Pak Rukman (90 tahun), mampu membaca tanpa kacamata meski pendengarannya sudah lemah.

Hebatnya, umur hampir satu abad, masih segar berkeinginan kuat membaca berita tingkah-polah lika-liku kehidupan nyata terkini. Gratis, begitulah kata Pak Rukman, pinjam baca dari Tukang Koran yang mangkal di sebelah halte.

Rahasia hebatnya umur Pak Rukman, memanfaatkan mata sebagai anugerah Tuhan, mengalahkan indera pendengaran dan kedua kakinya yang mulai renta. Dia harus berjalan tertatih-tatih menggunakan tongkat dari rumahnya di belakang halte berjarak kira-kira 300 meter, demi sebuah kesehatan dan pikirannya agar lama tua atau awet tua.

Mata, selain untuk membaca, punya manfaat lain. Sambil jalan-jalan, memanjakan mata, dan memandang hijaunya pepohonan di taman atau hutan, akan mampu menyehatkan hati dan pikiran, serta memberikan oksigen pengaya kesehatan tubuh.

Bijaklah memanfaatkan mata, berikan waktu istirahat buatnya, jangan paksa mata lelah dan sakit karena sering begadang. Sehatkan mata, dengan membaca, memandang dan memahami banyak hal kebaikan yang akan memampukan ketajaman hati.

Lanjutkan Pak Rukman, membaca terus semampumu, jangan pernah berhenti dan pergi dari dunia ini. Sikap dan perilakumu masih diperlukan buat contoh kami-kami yang lebih muda namun tak mampu memanfaatkan mata.

Bandung, 10 Agst 2014

Telah Tayang di Kompasiana

Ilustrasi Foto Aktual Koleksi Pribadi di Halte Jalan Pajajaran Bandung



Terimakasih Atas Kunjungannya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar