JK250811

Selasa, 29 November 2011

Sehatnya Susu UHT Tahan Lama Tanpa Pengawet!






Sehatnya Susu UHT 
Tahan Lama Tanpa Pengawet!

Oleh : Johanes Krisnomo
 
Susu merupakan bahan pangan bernilai gizi lengkap. Tidak saja disukai manusia, susu juga diminati oleh mikroba. Bukti nyata hasil kerja mikroba adalah proses pembusukan susu, dan salah satu upaya pencegahannya adalah penerapan teknologi sterilisasi UHT. Selain kaya gizi, Susu UHT praktis, cepat saji dan siap dikonsumsi kapan saja.

Dijelaskan Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS,  dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, bahwa Susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derajat Celcius) selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroba (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Sedangkan waktu pemanasan singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa khas susu segar yang relatif tidak berubah.

Dikatakan lebih lanjut, Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptik multilapis berteknologi canggih. Kemasan multilapis ini kedap udara sehingga mikrobapun tak dapat masuk ke dalamnya. Karena bebas mikroba perusak minuman, maka Susu UHT pun tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu kemasan multilapis Susu UHT ini juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya, dan dengan terlindungnya dari sinar ultra violet maka kesegaran susu UHT pun akan tetap terjaga.

Australia’s National Health and Medical Research Council menyatakan bahwa Susu Cair Segar merupakan salah satu bahan pangan dengan nutrisi lengkap. Susu Cair Segar, Susu UHT secara alami mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah berimbang dan mudah diserap oleh tubuh. Kalsium susu contohnya, termasuk jenis mineral susu, penting untuk pencegahan pengeroposan tulang (osteoporosis) yang merupakan penyakit akibat penurunan massa dan densitas tulang. Tubuh yang kekurangan kalsium akan melakukan pengambilan kalsium dari tulang sehingga tulang menjadi keropos. Penelitian terbaru menunjukan bahwa kalsium Susu Cair Segar tidak menyebabkan batu ginjal, karena kalsiumnya mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh. Kalsium susu juga dapat membantu pembakaran lemak, sehingga akan mengurangi resiko terkena sakit jantung.

Multi khasiat lainnya dalam Susu Cair Segar, terkandung dalam padatan susunya (sekitar 13 %) yang terdiri dari lemak, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai zat pembakar, protein sebagai zat pembangun, sedangkan vitamin dan mineral sebagai zat pengatur metabolisme tubuh. Singkatnya, semua nutrisi yang ada dalam Susu Cair Segar seperti Susu UHT, berperan penting dalam menjaga dan memulihkan stamina tubuh.

Bicara tentang Susu UHT tidak lepas dari tampilannya. Bentuknya yang mudah dikenali adalah kotak, ada yang setengah pipih dan pipih seperti bantal. Kemasannya karton multi lapis dengan disain menarik dan punya masa simpan sepuluh bulan pada suhu normal. Proses sterilisasi Susu UHT menyebabkan tidak diperlukannya zat pengawet karena semua mikroba telah mati.

Kendala kritis yang perlu disikapi, agar Susu UHT tidak rusak atau terjadi penurunan kualitas ketika akan dikonsumsi adalah masalah salah penanganan selama distribusi. Kemasan mungkin saja bisa rusak atau sobek terkena benda tajam atau goncangan/bantingan kuat selama jalur distribusi dari produsen ke konsumen sehingga terjadi cemaran mikroba dari udara yang menyebabkan susu rusak dan tidak layak konsumsi. Bahkan perendaman produk dengan air es, pengganti fungsi kulkas, di beberapa pedagang eceran yang tidak terkontrol dan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada sambungan kemasan. 

Nikmati Susu UHT dengan segala kelebihannya. Periksa batas kedaluwarsa yang tertera pada bagian atas kemasan dan yakinkan bentuknya rapi, tidak penyok dan rusak. Baca informasi gizi, saran penyajian dan cara penyimpanan yang baik sebelum dikonsumsi. Bila kemasan sudah dibuka, produk harus segera dihabiskan, kalaupun disimpan di kulkas paling lama dua sampai tiga hari, tergantung kebersihan dan suhu lingkungan kulkas dan jangan dikonsumsi bila produk sudah ada perubahan bau, warna dan kenampakan. Bersikaplah bijak dan dapatkan manfaat multi khasiat Susu Cair Segar, Susu UHT yang optimal bagi kesehatan.

Publikasi Artikel  di Surat Kabar : Radar Bandung, 20 Okt 11


 Lanjutkan Wawasan Perjalanan Promosi
Gara Gara Susu UHT

Senayan - Jakarta, 18 Sept 2011



























Terimakasih Atas Kunjungannya

Salam Sukses

Johanes Krisnomo

www.johaneskrisnomo.blogspot.com

Bandung, 29 Nov 2011





1 komentar:

  1. Mendukung gerakan cuci tangan pakai sabun. Terus gelorakan, semangat untuk berbagi.

    Salam sukses selalu.

    BalasHapus