6 Cara Redakan Stres Saat Bekerja
Stres saat bekerja mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan
sering dialami oleh semua pekerja kantoran. Stres tidak hanya mengganggu
suasana emosional seseorang, tetapi juga dapat berimbas terhadap buruknya hasil
pekerjaan.
Namun, jangan khawatir. Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengalahkan stres dan membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan:
Namun, jangan khawatir. Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengalahkan stres dan membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan:
1. Tetap tenang
Ketika stres mulai datang menghampiri Anda, ambilah waktu
sejenak untuk istirahat. Cobalah alihkan perhatian Anda, misalnya, bicara
dengan teman, mendengarkan musik, atau power nap (tidur siang yang
singkat). Menjauhkan pikiran dari stres akan membantu Anda mendapatkan
perspektif baru dan ide-ide baru.
2. Hindari minum kopi
2. Hindari minum kopi
Ambilah waktu sejenak untuk beristirahat, tetapi tidak untuk
menenggak kopi. Minum kopi justru akan membuat Anda tegang. Kafein akan memompa
adrenalin dan mengurangi tingkat adenosin. Adenosin adalah salah satu senyawa
yang terdapat di dalam sel otak, berfungsi sebagai bahan penenang alami di otak
Anda.
3. Rasional
Setiap amarah dan stres yang muncul pasti memiliki sumber. Oleh
karena itu, cara terbaik untuk mencegah serbuan stres, Anda harus dapat
mengetahui sumber dari amarah dan stres itu. Hal ini cukup dapat membantu Anda
untuk mengenali gejala stres sejak awal.
4. Meditasi
4. Meditasi
Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan
pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, ataupun mencemaskan dalam hidup
kita sehari-hari. Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang
paling baik. Dari penelitian terungkap bahwa meditasi dan cara relaksasi
lainnya bermanfaat untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal dengan meningkatkan
produksi melatonin dan serotonin serta menurunkan hormon stres (kortisol).
5. Pisahkan antara masalah pekerjaan dan pribadi
Permasalahan atau konflik dengan teman di kantor dapat
memengaruhi hubungan pribadi Anda, begitu pula sebaliknya. Coba untuk
menyelesaikan masalah Anda di kantor, begitu pula jika Anda memiliki masalah
dengan urusan pribadi.
6. Menjalin hubungan baik dengan teman kerja
Lingkungan kerja yang nyaman dapat memengaruhi mood
seseorang saat bekerja. Jika Anda mempunyai masalah dengan teman kerja,
berbicaralah dengan sopan dan selesaikan permasalahan Anda secara baik-baik.
Sumber
:
(Foto akhir, asli artikel kompas, sisanya dari google)
www.johaneskrisnomo.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar